Jumat, 28 Januari 2011

Tahun 2011 Tak Ada Impor Beras

BP4K KARAWANG-.Pemerintah berupaya meningkatkan produksi beras tahun ini harus naik 5 persen atau minimal 4 persen dari produksi tahun 2010. Menteri Pertanian Suswono mengatakan, “Jika target produksi beras nasional tahun ini tercapai maka pemerintah tidak perlu mengimpor beras,” ujarnya. 

“Seperti kita ketahui dampak perubahan iklim mulai terasa pengaruhnya di Indonesia dimana pada pertanaman padi 2010 terjadi peningkatan bencana banjir dan sebagian daerah juga terjadi kekeringan, serta serangan wereng batang coklat.

Selain itu, harga beras yang terus meningkat dari waktu ke waktu menjadi perhatian kita semua untuk mengurangi resiko yang lebih besar di kemudian hari, oleh sebab itu maka perlu penanganan kebijakan perberasan yang utuh untuk menyadari perubahan iklim sebagai faktor pembatas yang sangat penting dalam sistem produksinya,” ujar Mentan.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Udhoro Kasih Anggoro mengatakan, pemerintah menyiapkan rencana penanganan risiko dan intervensi untuk mempertahankan produksi beras pada musim hujan maupun kemarau.

“Resiko akibat hujan berupa gagal tanam akan segera ditindak lanjuti dengan perubahan jadwal tanam dan optimalisasi pemanfaatan lahan kering, kami akan menyediakan dukungan dari segi penyediaan informasi iklim dan bantuan paket teknologi budidaya.

Sementara risiko puso dan penurunan produktifitas tanaman padi selama musim hujan akan diantisipasi dengan penanaman kembali dan pemberian bantuan teknologi secara massal,” imbuhnya pada Workshop Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) Dalam Rangka Menghadapi Dampak Perubahan Iklim Tahun 2011 di Kementerian Pertanian Jakarta.

Pemerintah juga menyediakan bantuan alat pengering untuk membantu petani menghasilkan beras berkualitas baik. “Agar kualitas gabah tidak menurun, pengeringan gabah akan lebih dioptimalkan dan kami akan memberikan bantuan alat pengering gabah dan optimalisasi resi gudang untuk mengantisipasi semua itu,” terangnya.SUMBER:DIPERTA JABAR

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Blog Archive

MITRA BACA